SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI


a Place to Create Your Success
header-int

Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui Workshop Dudika Konsentrasi Keahlian Layanan Perbankan

Senin, 28 Okt 2024, 15:44:56 WIB - 143 View
Share
Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui Workshop Dudika Konsentrasi Keahlian Layanan Perbankan

Bekasi, 20 Oktober 2024 – SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi menyelenggarakan kegiatan workshop DUDIKA pada tanggal 19 Oktober 2024 bagi siswa kelas XII Layanan Perbankan Tahun Pelajaran 2024/2025. Dengan mengusung tema “Service Excellence dan Literasi Keuangan”, workshop ini bertujuan agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar dari dunia usaha dan industri.

Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Galaxy dan PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Kalimalang yang merupakan mitra DUDIKA SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Acara ini dibuka oleh Bapak H. Agus Setia Budi, M.M.Pd selaku Kepala SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Kemduian dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Ibu Bonis Gita Pramestri selaku perwakilan dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Galaxy yang memberikan materi mengenai Service Excellence yang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam industri perbankan. Pengetahuan mengenai pelayanan yang baik tidak hanya akan menarik nasabah baru, tetapi juga mempertahankan nasabah yang sudah ada. Maka dari itu, sangat penting bagi peserta didik jurusan Layanan Perbankan untuk dapat memahami dan menguasai konsep Service Excellence dalam dunia perbankan.

Kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yang disampaikan oleh Bapak Andhi Dwy Noviono selaku manager gadai dari PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Kalimalang dengan tema “Literasi Keuangan”. Pemahaman mengenai literasi keuangan yang baik memungkinkan peserta didik untuk memberikan konsultasi yang tepat kepada nasabah. Dalam hal ini peserta didik akan belajar bagaimana menganalisis kebutuhan keuangan nasabah, memberikan rekomendasi produk yang sesuai, dan menjelaskan risiko yang terkait dengan setiap produk.

Kedua materi yang disampaikan memiliki keterkaitan dalam dunia perbankan. Service excellence menekankan pada pentingnya memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah, sedangkan literasi keuangan memberikan bekal pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pelayanan tersebut. Dengan menggabungkan kedua konsep ini, peserta didik konsentrasi keahlian Layanan Perbankan SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi nantinya diharapkan akan menjadi petugas perbankan yang dapat memberikan layanan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nasabah saat ini, tetapi juga membantu nasabah untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Acara ini berjalan lancar dan peserta didik begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Harapannya kegiatan semacam ini dapat terus diselenggarakan dengan bekerja sama mendatangkan pemateri dari dunia usaha dan industri lainnya yang relevan sehingga peserta didik SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi dapat diberikan bekal lebih banyak lagi mengenai bagaimana kebutuhan di dunia kerja sesungguhnya.

Nama Kegiatan      :  Workshop DUDIKA Layanan Perbankan

Tanggal Kegiatan   :  19 Oktober 2024

Penulis                  :  Nurhalimah

Editor                    :  Saputri Handayani