SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI


a Place to Create Your Success
header-int

MASA ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DAN PINDAH GOLONGAN PANGKALAN SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKAS

Sabtu, 29 Apr 2023, 08:56:07 WIB - 244 View
Share
MASA ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DAN PINDAH GOLONGAN PANGKALAN SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKAS

 

MASA ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DAN PINDAH GOLONGAN PANGKALAN SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI

Bekasi, 20 Agustus 2022—Pada tanggal 22 - 23 Juli 2022, SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi melaksanakan Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan dan Pindah Golongan di SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di lingkungan sekolah dan tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun serta tetap menjagas jarak.

Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan adalah suatu kegiatan pengenalan pendidikan kepramukaan kepada siswa/i baru. Kegiatan ini tidak sembarang dilaksanakan? karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk awalan pendidikan kepramukaan sebelum peserta didik masuk ke masa pramuka wajib yang biasanya dilaksanakan di hari rabu.

Seluruh peserta adalah peserta didik baru kelas X. Pada hari pertama terdiri atas berbagai rangkaian acara yakni pemberian materi pokok terkait kepramukaan meliputi Sejarah Kepramukaan, Kepenegakan, Dewan Ambalan, Dewan Kerja, dan Satuan Karya. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Andalan Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarcab Bekasi, Ketua Dewan Kerja Ranting Bekasi Selatan, Pembina dan Purna Ambalan Ki Hadjar Dewantara dan cut Nyak Dien Pangkalan SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Pada Hari Kedua terdiri atas Materi Scouting Skill dan Upacara penutupan sekaligus penyematan tali kur kuning dari pindahnya pramuka penggalang ke pramuka penegak, yang disematkan langsung oleh H. Agus Setia Budi, MM.Pd Selaku Ka Mabigus Pangkalan SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi.

Hasil dari Kegiatan Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan adalah peserta didik lebih mengenal apa itu pendidikan kepramukaan dan bagaimana pendidikan kepramukaan yang seharusnya mereka terima dan melalui kegiatan ini kami berusaha untuk meningkatkan nilai moral anak bangsa dan menjauhkannya dari apa yang sekarang marak terjadi yaitu kenakalan remaja. Disinilah pramuka siap menjadi wadah pembinaan untuk generasi muda indonesia mempersiapkan generasi muda untuk membangun indonesia.

Nomor  : 003/PR/SMK-BISTEK/VII/2022

Nama Kegiatan : MOPK 2022/2023

Tanggal Kegiatan : 22 – 23 Agustus 2022

Penulis : Destian Toro Ramadhan

Editor : Andini