SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI


a Place to Create Your Success
header-int

LATIHAN DASAR KEPEMPIMPINAN OSIS

Sabtu, 29 Apr 2023, 08:53:15 WIB - 304 View
Share
LATIHAN DASAR KEPEMPIMPINAN OSIS

Bekasi, 22 November 2022—Seluruh pengurus OSIS SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi Masa Bakti 2022/2023 mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS yang dilaksanakan di Griya Kami. Acara tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali diusung di masa bakti OSIS tahun ini. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan kemampuan kesekertariatan, peningkatan kemampuan manajemen konflik dan meningkatkan solidaritas antar pengurus OSIS.

Acara ini dilaksanakan pada tangal 19 s.d. 20 November 2022. Di sela-sela kesibukan kegiatan belajar, para pengurus OSIS mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib. Pembukaan dimulai pada sore hari, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan pembagian kamar. Materi pertama adalah tentang “Kesekertariatan” yang diisi langsung oleh Bapak H. Agus Setia Budi, M.MPd. selaku Kepala Sekolah SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Beliau mengajarkan kepada seluruh pengurus OSIS bahwa setiap kegiatan itu tentu memiliki tiga tahapan penting yang harus diketahui. Pertama terkait tahapan perencanaan, dalam kepanitian tentu harus mempersiapkan dokumen proposal yang dapat menggambarkan rencan kegiatan secara utuh sekaligus menjadi gambaran kebutuhan pembiayaan yang jelas. Kedua adalah terkait dengan tahap proses atau tahap pelakasanaan. Dalam tahapan ini setiap pengurus perlu memastikan kesesuaian rencana pada tahap persiapan, kemudian dapat menjalankan kegiatan dengan baik. Ketiga, tahap monitoring dan evaluasi. Dalam tahap ini dibutuhkan administrasi laporan pertanggungjawaban.

Materi selanjutnya adalah terkait Tata Cara Persidangan yang dibawakan langsung oleh Bapak Adestian Ramadhan. Beliau mengajarkan bagaimana seseorang bersama tim dapat menjalankan persidangan yang baik. Mulai dari membuka sampai dengan menutup persidangan. Dalam materi ini juga diajarkan ketentuan ketukan palu dan juga ketentuan pembacaan tata tertib. Terdapat 6 siswa yang merupakan bagian dari pengurus OSIS melakukan simulasi persidangan untuk penetapan tata tertib. Terbagi menjadi dua gelombang simulasi untuk melatih seluruh pengurus OSIS dapat memahami persidangan dengan baik.

Kegiatan terakhir di Hari Pertama adalah Kontemplasi yang diisi oleh motivator SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi, Bapak Riyono, S.T. Beliau menganalogikan sesosok Gatot Kaca yang memiliki kekuatan super sebagaimana OSIS, dilihat dari bagaimana ia berjuang sehingga dapat mampu mengalahkan para musuhnya. Hal tersebut seperti menggambarkan semangat yang harus ditimbulkan dalam menjalankan kehidupan sebagai seorang pengurus OSIS. Di akhir materi ini, untuk meningkatkan semangat solidaritas pengurus OSIS Masa Bakti 2022/2023, dilakukanlah deklarasi tekad solidaritas. Bersama-sama meneriakan “We Are Super Team!” yang menjadi simbol persatuan dan kekuatan dari pengurus OSIS.

Di hari kedua, diawali dengan kegiatan Shalat Subuh bersama dilanjutkan dengan kegiatan olah raga pagi. Di pagi hari tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan games yang dibuat langsung oleh pengurus OSIS untuk dimainkan bersama. Dalam acara ini juga terdapat materi terkait manajemen konflik yang dipandu oleh Bapak Tatang Muhtar S.Pd.I. Beliau menjelaskan bahwa terdapat banyak cara dalam menyelesaikan konflik. Dalam diskusi, pengurus OSIS menjelaskan seringkali penyelesaian konflik membutuhkan pihak ketiga untuk dapat menengahi konflik tersebut secara objektif.

Sebagai penutup rangkaian acara, terdapat materi terakhir yakni tentang Social Media Strategy yang diisi oleh Ibu Andini Nursetiani, S.E. ditujukan untuk menyatukan tujuan organisasi melalui media social. Peningkatan branding dalam media social dibutuhkan untuk memperluas informasi tentang organisasi kepada seluruh siswa SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi sekaligus mengenalkan media sosial OSIS ke lingkungan sekitar. Ibu Andini memberikan satu tantangan kepada seluruh pengurus OSIS untuk dapat meningkatkan jumlah pengikut melalui media sosial Instagram sebanyak 100% dari sebelumnya. Selain itu, materi yang disampaikan adalah kita perlu menjaga diri dan menjaga jejak digital personal. Serta perlu adanya program komunikasi untuk meningkatkan media sosial OSIS SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, hal ini dibuktikan dengan semangat peserta didik ketika memulai kegiatan hingga kegiatan berakhir Dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan pengurus OSIS dan pemahaman terhadap birokrasi dan solidaritas organisasi.

 

Nomor      : 008/PR/SMK-BISTEK/11/2022

Nama Kegiatan            : Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

Tanggal Kegiatan        : 22 November 2022

Penulis                         : Andini Nursetiani

Editor                          : Andini Nursetiani