SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI


a Place to Create Your Success
header-int

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI TAHUN 2022

Minggu, 10 Apr 2022, 17:42:02 WIB - 1267 View
Share
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI TAHUN 2022

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI TAHUN 2022

Pada tanggal 29 s.d. 31 Maret 2021, SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang berlokasi di Pondok Zidane, Sawangan, Depok. Dengan tema yang diusung “Mewujudkan Peserta Didik yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter”, acara ini dengan sukses terlaksana. LDKS sendiri memiliki tujuan agar terciptanya Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam acara ini memiliki makna untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Beberapa pelatihan materi juga dilaksanakan meliputi materi Kesekertariatan, Logika Berpikir, Problem Solving, Kepemimpinan, Ketauhidan, Agent of Change dan Training Motivasi.

Bapak H. Agus Setia Budi, M.MPd selaku Kepala Sekolah SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi sekaligus menjadi pembicara dalam materi kesekertariatan mengungkapkan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan peserta didik mampu menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Menjadi pemimpin tentunya bukan serta merta bagaimana cara mengatur banyak orang, namun juga pemimpin perlu memiliki pengetahuan kesekertariatan yang baik. Kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk peserta didik memahami makna kepemimpinan seutuhnya.

Agent of Change menjadi salah satu topik materi yang terakhir disampaikan dalam acara ini. Pembicara dalam materi ini adalah Ibu Hj. Kris Budiyani yang merupakan Ketua Yayasan Karya Anak Mandiri Indonesia (YKAMI). Beliau memberikan pemaparan mengenai bagaimana memaknai perjuangan untuk bisa berubah menjadi lebih baik. Perubahan menjadi pribadi yang lebih baik merupakan hal yang tentunya tidak mudah dijalankan, namun semangat itu harus terus dimiliki oleh setiap orang. Itulah yang menjadi dasar SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi senantiasa menjadikan “Semangat Perubahan” sebagai ungkapan kebanggaan hingga sekarang. Saat materi dipaparkan, setiap peserta didik diminta untuk membuat Proposal Hidup yang berisikan berbagai tujuan yang akan dicapai di masa yang akan datang serta langkah yang dilakukan mulai dari hari ini.

Dalam acara ini, peserta didik juga mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam kegiatan outbound seperti jembatan gantung, menyebrangi air dengan ban karet, berjalan diatas pipa dan lain sebagainya. Permainan yang ada pada outbound dalam LDKS ini memberikan makna semangat bekerjasama dan cepat tepat dalam bertindak. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan penuh kebahagiaan.

Editor/Penulis    : Andini Nursetiani