SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI


a Place to Create Your Success
header-int

KERJASAMA KELAS INDUSTRI DENGAN MATAHARI DEPARTEMEN STORE

Rabu, 03 Feb 2021, 11:49:23 WIB - 1598 View
Share
KERJASAMA KELAS INDUSTRI DENGAN MATAHARI DEPARTEMEN STORE

SMK BISNIS DAN TEKNOLOGI BEKASI KERJASAMA KELAS INDUSTRI DENGAN MATAHARI DEPARTEMEN STORE

 

Sekolah Menengah kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan formal yang memberikan keterampilan-keterampilan khusus dalam menyiapkan lulusan untuk siap bekerja. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah, tujuan pendidikan menengah pasal 3 ayat yaitu Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional. Dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 15 juga menjelaskan bahwa tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja pada bidang tertentu. 

SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi sebagai sekolah yang memiliki tujuan untuk siap memasuki lapangan pekerjaan berarti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki program keahlian agar relevansi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Tetapi untuk menyesuaikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) sangat sulit, salah satunya dikarenakan kesenjangan yang terjadi antara sekolah dan industri. kesenjangan tersebut berupa kesenjangan teknologi, kurikulum sekolah yang belum sesuai dengan kebutuhan industri dan tenaga pendidik yang belum mampu mengimbangi yang terjadi di dunia indutri. Hal ini menyebabkan kesiapan lulusan sekolah menengah kejuruan menjadi kurang. Kesenjangan yang terjadi diantara lembaga pendidikan dan dunia industri ini, maka dibutuhkan kerjasama yang dapat mengurangi kesenjangan tersebut, sehingga pendidikan yang diselenggarakan di sekolah dapat mengikuti perkembangan zaman dan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Berdasarkan pertimbangan hal-hal tersebut, maka pada hari Rabu, 16 September 2020 telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi dengan PT Matahari Departmen Store cabang Metropolitan Mall Bekasi.

Hadir dalam penandatangi kerjasama ini Ibu Purwaningsih, S.Sos selaku Manajer HRD PT Matahari Departmen Store Metropolitan Mall Bekasi dan Bapak Agus Setia Budi, M.MPd selaku Kepala Sekolah SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi.

Dengan adanya kerjasama industri ini proses pendidikan yang ada disekolah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini diharapkan keterserapan tamatan di dunia industri meningkat, salah satu upaya yang dilakukan sekolah dan pihak industri adalah dengan membentuk kelas Industri. Dibentuknya kelas Industri ini diharapkan akan menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh industri.

Berdasarkan Permendikbud No 34 Tahun 2018, Pembelajaran Industri (teaching factory) adalah model Pembelajaran yang bernuansa industri melalui sinergi SMK/MAK dengan dunia usaha/industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar. Pembelajaran industri bertujuan mewujudkan iklim belajar sebagai simulasi dari lingkungan kerja di dunia usaha/industi berdasarkan pada pekerjaan nyata, autentik, dan penanaman budaya kerja melalui pembelajaran industri (teaching factory) untuk mendapatkan pembiasaan berpikir dan bekerja dengan kualitas seperti di tempat kerja/usaha.

Program Kelas Industri bagi siswa/i Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi yang bekerjasama dengan pihak Matahari Metropolitan Mall, khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa/i yang dapat memenuhi kebutuhan industri pengelolaan bisnis retail dengan menyelenggarakan :

a.         Program Pembelajaran Industri (teaching factory),

b.         Praktik Kerja Lapangan,

c.         Uji Kompetensi Keahlian,

d.         Kegiatan praktek kerja/pemagangan guru dan siswa/i

e.         Rekrutmen bagi siswa/i dan alumni SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi

Kelas industri yang diselenggarakan ini sebagai salah satu pola penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memadukan antara sistem pendidikan sekolah dan sistem yang ada di Industri secara relevan dan terarah untuk mencapai penguasaan kompetensi siswa sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan standar dunia industri.