Perbankan dan Keuangan Mikro
VISI MISI KOMPETENSI KEAHLIAN
PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
VISI
Unggul dalam bisnis manajemen dan teknologi serta berakhlakul karimah.
MISI
- Mengembangkan proses belajar mengajar dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.
- Menjalin hubungan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai mitra sekolah.
- Menerapkan pendidikan Imtak yang terpadu dengan Iptek.
- Menyiapkan tenaga kerja terampil yang mampu berwirausaha dan mengisi peluang kerja yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia usaha baik sekarang maupun yang akan datang.
TUJUAN
Tujuan Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro secara umum mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional, khususnya Pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan menengah kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:
- Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup Perbankan dan Keuangan.
- Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup Perbankan dan Keuangan.
- Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Perbankan dan Keuangan.
- Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.
- Mempersiapkan lulusan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
STRUKTUR KURIKULUM
KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
MATA PELAJARAN |
KELAS | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
MUATAN NASIONAL |
|||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 | 3 |
3 | 3 | 3 | 3 |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 |
3 |
4 | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5 | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | - | - | - | - |
6 | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
Jumlah jam kelompok A | 19 | 19 | 15 |
15 | 15 | 15 | |
MUATAN KEWILAYAHAN |
|||||||
1 | Seni Budaya |
3 | 3 | - | - | - | - |
2 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kewehatan |
2 | 2 | 2 | 2 | - | - |
Jumlah jam kelompok B |
5 | 5 | 2 | 2 | 0 | 0 | |
MUATAN PEMINATAN KEJURUAN |
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
1 | Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 | 3 | - | - | - | - |
2 | Ekonomi Bisnis |
2 | 2 | - | - | - | - |
3 | Administrasi Umum |
2 | 2 | - | - | - | - |
4 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
2 | 2 | - | - | - | - |
Jumlah jam kelompok C1 |
9 | 9 | 0 | 0 | 0 | 0 | |
C2. Dasar Program Keahlian |
|||||||
1 | Etika Profesi | 2 | 2 | - | - | - | - |
2 | Aplikasi Pengolah Angka / Spredsheet |
3 | 3 | - | - | - | - |
3 | Akuntansi Dasar |
5 | 5 | - | - | - | - |
4 | Perbankan Dasar |
3 | 3 | - | - | - | - |
Jumlah jam kelompok C2 |
13 | 13 | 0 | 0 | 0 | 0 | |
C3. Kompetensi Keahlian |
|||||||
1 | Pengelolaan Kas |
- | - | 4 | 4 | - | - |
2 | Layanan Lembaga Perbankan dan Kuangan Mikro |
- | - | 6 | 6 | 8 | 8 |
3 | Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro |
- | - | 6 | 6 | 7 | 7 |
4 | Komputer Akuntansi |
- | - | 4 | 4 | 6 |
6 |
5 | Administrasi Pajak |
- | - | 4 | 4 | 4 | 4 |
6 | Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- | - | 7 | 7 | 7 | 7 |
Jumlah jam C3 |
0 | 0 | 33 | 33 | 33 | 33 | |
D. Muatan Lokal | |||||||
1 | Bahasa Sunda |
2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah jam D |
2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
Jumlah Total A+ B + C + D |
48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
STRUKTURE ORGANISASI
KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
TENAGA PENDIDIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
FOTO-FOTO
Foto Foto.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
PRESTASI
KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
KERJASAMA DUANIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DENGAN
KOMPETENSI KEAHLIAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran pihak sekolah mengadakan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kerjasama dengan DUDI dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk bekerja, menambah wawasan, dan pengetahuan. Selain itu setelah siswa menempuh kegiatan ini diharapkan siswa dapat lebih terampil dalam bekerja dan membentuk karakter, mandiri, percaya diri, serta mampu berkomunikasi yang baik.
♦ PASAR SWALAYAN
Hari-Hari Pasar Swalayan, Superindo, Giant Hypermart, Matahari.
PROSPEK ATAU POTENSI LULUSAN
Ruang lingkup pekerjaan atau prospek kerja untuk alumni BDP antara lain :
1. Kasir
2. Pramuniaga
3. Tenaga Operasional Pemasaran Produk